Minggu, 08 Februari 2015

Letak Geografis

Desa Pakis merupakan Ibu Kota Kecamatan  Pakis, yang merupakan pusat administrasi  pemerintahan, pendidikan dan  pelayanan kesehatan bagi mayarakat  Kecamatan Pakis. Terletak pada ketinggian 723 m di atas permukaan laut dengan iklim yang sejuk , suhu  berkisar antara 18 sampai dengan  27 derajat celsius. Keadaan tanahnya subur sehingga merupakan daerah pengembangan pertanian tanaman  pangan dan hortikultura.  Desa Pakis juga merupakan jalur utama bagi para wisatawan dari Kota Magelang dan sekitarnya menuju obyek rekreasi wisata alam Kopeng, sehingga berpotensi untuk pengembangan industri pariwisata.
Letak Desa Pakis Berbatasan dengan  :
Sebelah Utara : Desa Gumelem dan Desa Daseh
Sebelah Selatan : Desa Banyusidi
Sebelah Timur : Desa Kaponan dan Desa Kragilan
Sebelah Barat : Desa Losari Kecamatan Pakis dan Desa Surodadi Kecamatan Candimulyo.

2.       Luas Wilayah
a.       Luas wilayah menurut Kegunaan Lahan.
Luas tanah di desa pakis 422 Ha. Sebagian besar fungsi tanah di Desa Pakis masih dipergunakan  untuk lahan pertanian,  yaitu untuk tegalan  dan sawah tadah hujan. Terdapat hutan negara seluas 19 Ha yang merupakan kawasan penyangga bagi Taman Nasional Gunung Merbabu.  Sebagai gambaran , berikut tabel  penggunaan lahan  di Desa Pakis :

No
Lahan
Luas (ha)
Keterangan
1
2
3
4
5
Pemukiman
Sawah
Tegalan
Hutan Negara
Lainnya

45
41
305
19
12





( Kuburan)

Jumlah
422


  

b.                  Pembagian wilayah dusun
              Secara administratif Desa Pakis terdiri dari 12 dusun, yaitu :
1.       Dusun Pakis Kidul
2.       Dusun Pakis Tengah
3.       Dusun Pakis Kulon
4.       Dusun Bentoyo
5.       Dusun Magersari
6.       Dusun Kwiden
7.       Dusun Bowongan
8.       Dusun Plalar
9.       Dusun Compok Wetan
10.   Dusun Compok Kulon
11.   Dusun Krasak
12.   Dusun Bojong.

3.                   Pendidikan Masyarakat
Fasilitas pendidikan yang ada di Desa Pakis tergolong cukup lengkap, yaitu mulai dari jenjang pendidikan usia dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak sampai dengan Sekolah Lanjutan Tingkat  Atas (SLTA).  Tempat kursus untuk mata pelajaran tertentu  juga diselenggarakan oleh kelompok-kelompok  dan perseorangan.  Pendidikan keagamaan (TPA) hampir di semua dusun. Hanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi yang belum ada.
Secara umum fasilitas pendidikan yang ada di Desa Pakis adalah sebagai berikut  :
No
Jenjang Pendidikan
Jumlah
Keterangan

1
2
3
4
5

Play Grup
Taman Kanak-Kanak
Sekolah Dasar
SLTP
SLTA

1
3
2
1
1


Pertiwi, PGRI, RA
SDN Pakis dan SDN  Krasak
PGRI
Islam Sudirman

Pendidikan masyarakat  desa Pakis  masih perlu ditingkatkan, mengingat dari data yang ada menunjukkan bahwa pendidikan masyarakat Desa Pakis tergolong masih rendah. Berikut data tingkat  pendidikan masyarakat Desa Pakis tahun2009 :

No
Tingkat Pendididikan
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
6
Tidak Tamat SD
Tamat SD/ SEderajat
Tamat SLTP/Sederajat
Tamat SLTA / Sederajat
D1/D2/D3
S1/S2
216
258
315
347
33
45





4.                   Kesehatan Masyarakat
Sarana kesehatan yang ada di Desa Pakis berupa  Puskesmas  di dusun Dadapan dan Puskesmas Pembantu di Pakis Tengah. Selain itu untuk membantu kelahiran  ada Bidan Praktek dan dukun bayi. Sedangkan untuk pemantauan kesehatan balita dan ibu hamil  telah terbentuk posyandu Senyum Ananda 1 sampai dengan 7 yang  masing masing di dusun Pakis Kulon, Pakis Tengah, Pakis Kidul, Kwiden, Plalar, Compok dan Bojong.

5.                   Potensi  Strategis.
Desa Pakis mempunyai beberapa potensi yang apabila dikelola dengan baik bisa berdampak positif terhadap perkembangan pendapatan masyarakat. Bunga mawar merupakan komoditas unggulan yang  merupakan sumber pendapatan bagi para petani kecil  dan para pengrajin keranjang bunga. Pemasaran bunga mawar telah sampai ke Yogyakarta, Purworejo dan Semarang. Diharapkan untuk masa yang akan datang ada investor yang bergerak dalam pengolahan bunga mawar sehingga harga bunga mawar bisa stabil sepanjang tahun.
Wisata Ziarah Gunung Balak merupakan potensi dibidang wisata religius, yang bila dikemas dan dikelola dengan profesional tentu akan berdampak positif terhadap pendapatan masyarakat. Gunung Balak merupakan aset purbakala yang dapat dikembangkan sebagai embrio wisata sejarah di Kabupaten Magelang.
Desa Pakis merupakan jalur utama menuju obyek Wisata alam Kopeng, juga merupakan tempat istirahat bagi para wisatawan. Potensi ini bisa dimanfaatkan untuk pemasaran hasil pertanian, souvenir dan barang kerajinan lainnya.
Wisata budaya bisa dikembangkan di desa Pakis, mengingat banyaknya kelompok seni  dan para seniman.

Kondisi alam didesa Pakis juga sangat cocok untuk pengembangan ternak sapi potong, ternak domba/kambing. Ketersediaan hijauan pakan ternak yang ada sepanjang tahun sangat menguntungkan untuk pengembangan ternak besar maupun ruminansia.

0 komentar:

Posting Komentar